Tips Mengatasi dan Mencegah Ruam Popok Pada Bayi

Setiap bayi yang menggunakan popok pasti pernah atau memiliki resiko terkena ruam popok. Bagi Anda yang belum mengenal istilah ini sedikit penjelasannya adalah terjadinya peradangan pada bokong bayi yang tertutup popok. Biasanya kulit bayi akan berubah menjadi merah dan ini pasti akan memberi ketidak nyamanan pada bayi. Bayi yang mengalami gejala ini pasti akan mudah menangis dan juga tidak dapat aktif bergerak. Sehingganya ibu harus lebih ekstra mengurus si kecil agar tidak rewel dan sakitnya cepat hilang.

Agar anak Anda cepat sembuh, maka yang harusĀ  Anda lakukan adalah mempelajari langkah-langkah pertolongan pada bayi agar tidak terkena ruam popok dengan cara tepat merawat kulit bayi terutama pada bagian yang tertutup popok lebih ekstra. Cara yang dapat Anda lakukan diantaranya sebagai berikut.

Pertama jangan lupa untuk selalu mengganti popok bayi sesering mungkin. Untuk bayi usia satu tahun sebaiknya Anda menggunakan popok kain, hal ini akan membuat bayi Anda terhindar dari popok yang basah terkena air kecil maupun air besar bayi. Selain itu kulit bayi yang sangat sensitif memerlukan perlakuan ekstra, terlebih bayi pasti melakukan buang air lebih sering sehingga mengganti popok menjadi lebih sering pula.

Selanjutnya saat mengganti popok pastikan kulit bayi pada bagian bokongnya relah bersih dan juga kering. Lakukan proses pembersihan yang lembut menggunakan air yang hangat. Setelah itu biarkan kering terlebih dahulu dengan cara di angin-anginkan atau ditunggu beberapa saat sebelum di pakaikan popok kembali. Sebelum memakaikan popok pakaikan pupur terlebih dahulu agar kulit tidak lembab. Gunakan pupurĀ  yang sesuai dengan kulit bayi dan tidak menyebabkan bayi terkena alergi. Jika tidak maka peradangan ini akan cepat muncul.

Jika bayi Anda telah terlanjur mengalami ruam popok cara mengatasinya adalah dengan mengoleskan krim yang di formulasikan khusus untuk mengatasi peradangan ini pada kulit bayi. Salah satu produk yang dapat Anda gunakan untuk mengobatinya adalah menggunakan Zwitsal Baby Extra Care Cream. Oleskan secara tipis pada kulit bayi Anda tepat pada peradangan berada.

Tips selanjutnya adalah biarkan bayi untuk sekali-sekali tidak menggunakan popok. Hal ini juga akan membuat bayi lebih bebas bergerak yang berguna untuk proses pertembuhan bayi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *