Berikut Ini 5 Jenis Kecerdasan Manusia ? Kira-Kira Kamu Yang Mana Ya?

Seperti yang kita ketahui banyak yang mengira tingkat kecerdasan itu di ukur berdasarkan dari IQ seseorang yang biasanya di test untuk atau pada saat dia sedang menghadapi sesi interview untuk masuk bekerja di suatu perusahaan besar.

Terkadang dari pihak HRD melihat suatu kecerdasan seseorang berdasarkan hal itu, padahal kecerdasan manusia memiliki jenis dan kategorinya masing-masing. Dan apakah kira-kira kamu tahu jenis-jenis kecerdasan manusia yang tidak berdasarkan dari hasil test IQ semata?

Berikut ulasan dan pembuktian kalau jenis kecerdasan manusia itu ada beberapa macam dan kira-kira kamu masuk tergolong cerdas dalam kategori apa ya?

5 Jenis Kecerdasan Manusia

  1. Kecerdasan Spasial
kecerdasan spasial

kecerdasan spasial

Kecerdasan adalah jenis kecerdasan manusia yang dimana manusianya itu sendiri, dia pintar dalam menentukan dan memperhitungkan jarak, bentuk, detil, volume dan ciri-ciri fisik dari objek. Bila manusia itu semakin cerdas dalam kemampuan spasial nya , maka manusia itu sendiri makin pintar dalam menyusun dan akurat dalam sebuah bentuk.

  1. Kecerdasan Linguistik
Kecerdasan Linguistik

Kecerdasan Linguistik

Jenis kecerdasan manusia yang satu ini adalah bila mana manusia itu sendiri dapat mampu memilih kata dengan baik, yang pastinya dengan metode yang tepat dalam berkomunikasi. Dan sehingga orang lain saat mendengarkan dan membaca tulisan kita itu membuat semakin mengerti dengan kepribadian kita. Biasanya pekerjaan yang mereka lakukan itu adalah seorang pembawa berita, presenter, motivator, dan lain-lain.

  1. Kecerdasan Matematis/Logis
kecerdasan matematis

kecerdasan matematis

Untuk kecerdasan matematis atau logika ini adalah suatu jenis kecerdasan manusia yang berdasarkan dari perhitungan manusia nya itu sendiri, bila mana dia mempunyai kemampuan itu, berarti dia mempunyai jenis kecerdasan manusia Matematis atau Logika. Untuk kecerdasan yang satu ini biasanya terlihat di kegiatan belajar contoh sekolah atau di kampus.

  1. Kecerdasan Musikal
kecerdasan musikal

kecerdasan musikal

Jenis kecerdasan ini adalah manusia itu memiliki kecerdasan untuk memahami tinggi rendahnya suatu nada, ritme dan puncak nada yang mencerna suatu suara.

  1. Kecerdasan Kinestik – Jasmani
kecerdasan kinestik

kecerdasan kinestik

Kecerdasan kinestetik-jasmani membuat kita mampu menyelaraskan pikiran dan tubuh. Semakin cerdas kinestetik-jasmani seseorang, tubuhnya semakin mudah digerakan sesuai dengan pikirannya. Para atlet bela diri biasanya memiliki kecerdasan ini, ketika mereka menyusun strategi dalam sepersekian detik untuk menjatuhkan lawannya.

Demikianlah artikel yang saya buat ini mengenai jenis kecerdasan manusia yang cerdas itu tidak berdasarkan dari IQ semata saja. Semoga dapat bermanfaat untuk kamu semua ya, kalau ada pertanyaan atau informasi lainnya, silahkan berbagi langsung ya pada kolom komentar dibawah ini. Terimakasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *